Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Vaksin covid- 19 telah muncul di tanah air. Kabar bagus ini disambut antusias oleh awak. Vaksin tersebut akan diberikan secara cara disuntik pada manusia.  

Sayangnya masih banyak orang yang takut untuk disuntik. Ya jarum yang menusuk itu terasa sakit memang, walau hanya sesaat.

Tim peneliti daripada University of California punya tips agar tak sakit saat disuntik. Pada jurnal Emotion, mereka mendaftarkan bahwa dengan tersenyum akan mengurangi rasa sakit saat disuntik.

Senyuman yang dimaksud adalah senyum yang mendirikan ujung bibit tertarik ke pada dan terjadi kerutan di kira-kira mata. Dengan senyuman seperti ini akan menurunkan rasa sakit zaman disuntik hingga 40 persen.  

Tidak hanya rasa sakit yang redup, dengan senyuman juga dapat meperlambat denyut jantung, sehingga mencegah terjadinya respon fisiologis akibat stres jarum suntik.  

Meringis ternyata juga sanggup memberikan efek yang sama seolah-olah tersenyum saat disuntik. Tapi pengaruh ini tak bisa dirasakan seandainya seseorang memasang wajah datar era vaksin disuntikkan.  

Sarah Pressman, lengah satu peneliti di bidang Pengetahuan Psikologi mengatakan gerakan ini berlawanan dengan ekspresi netral. “Kami menemukan, gerakan-gerakan ini berlawanan dengan ekspresi netral, bermanfaat dalam menurunkan perasaan tidak nyaman dan stres, ” jelas Sarah Pressman, seperti dikutip dari WebMD.  

Penelitian ini membabitkan 231 orang partisipan yang disuntik cairan saline dengan menggunakan pasak suntik 25G. Jarum suntik ini merupakan jarum yang   ijmal digunakan untuk memberikan vaksin.  

Itu diminta tersenyum dengan tulus, senyum terpaksa, meringis dan ekspresi adil. Setelahnya, mereka diminta melaporkan sebesar apa rasa sakit yang dirasakan.  

Hasilnya, partisipan yang tersenyum dengan tulus dan meringis mengaku menikmati sakit yang lebih rendah.  

“Studi kami menunjukan metode yang sederhana, gratis, dan berarti secara klinis untuk membuat rasa sakit akibat suntikan jarum berkurang, ” membuka Pressman.

Ia berharap temuan ini mampu membantu orang agar tak ngerasa begitu sakit saat disuntik vaksin covid- 19. (*)