Info seputar HK Hari Ini 2020 – 2021.

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Ada satu lagi kuliner maknyus di Rest Area Gunung Gedangan, Kelurahan Magersari, Kota Mojokerto. Namanya Sop Janda.

Kalian bisa menikmati sop ini di Dapoer Ceria lt. 2 Rest Area Gunung Gedangan. Sop Janda (Sop Jawa-Sunda) adalah perpaduan Sop Jawa dengan Sop Sunda.

Seperti layaknya sop kebanyakan, bahan utama Sop Janda adalah daging sapi. Namun yang membedakan Sop Janda dengan sop lain adalah ada cabai rawit yang dimasukkan utuh di dalam sajiannnya.

Aromanya khas kuah sapi dengan wangi rasa pedas khas cabai rawit dan tanpa bumbu penyedap rasa atau MSG (Monosodium glutamate). Terlihat beberapa bumbu masakan adalah bawang bombai, bawang putih, bawang merah, serai, daun pre, dan lain-lain.

Salah satu pengunjung, Dini mengungkapkan bahwa Sop Janda ini kuahnya terasa segar, dagingnya empuk dan sensasi rasa pedasnya yang khas.

“Kuahnya segar, dagingnya ini terasa empuk, paling cocok bagi yang suka makan pedas. Enak dimakan saat makan siang, dan makan malam. Apalagi musim hujan,” terang Dini salah satu pengunjung Rest Area Gunung Gedangan setelah pulang bekerja, Kamis (01/7/2021).

Pemilik Dapoer Ceria, Mega Twilana Inda Dewi (31) mengaku, nama Sop Janda ini dia pilih karena dia keturunan Sunda.

Sop janda salah satu kuliner asyik di Rest Area Gunung Gedangan, Kelurahan Magersari, Kota Mojokerto. Kamis (01/7/2021)(Foto: Thaoqid Nur Hidayat/TIMES Indonesia)

“Janda itu awal mulanya itu kan dari Jawa Sunda, nenek saya dari Sunda, saya tinggalnya di Jawa,” jelas Mega.

Yang membedakan sop janda dari lainnya ini adalah perbaduan rempah-rempahnya. “Perbedaan itu kita pakai rempah-rempah tanpa pengawet,” terangnya.

Dapoer Ceria Rest Area Gunung Gedangan, Kota Mojokerto buka pada pukul 11 siang sampai habis. Sekali produksi, Mega menyiapkan puluhan porsi setiap harinya. Sekali masak membutuhkan waktu 20 menit.

“Biasanya 3 kg iga sapi, 1 kg nya itu kisaran menjadi 10 porsi Sop Janda,” jelas Mega.

Harga yang dipatok juga cukup terjangkau. Tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Kalian bisa menikmati di tempat atau dibawa pulang.

“Satu porsi dipatok dengan harga Rp 25 ribu rupiah. Satu mangkuk sop janda berisi 3 buah iga disajikan terpisah dengan nasi,” terang Mega.

Selain Sop Janda, ada beberapa menu lain. Diantaranya Sop Iga Bakar seharga Rp 25 ribu. Selain itu tersedia Paket Ceria yakni Nasi Telur+Es Teh seharga Rp 12 ribu. Nasi paru+es teh seharga Rp 15 ribu. Nasi sambelan ikan asap+es teh seharga Rp 17.500. Aneka minuman yang tersedia cukup variatif mulai dari kopi, susu, teh, hingga air mineral. (*)