Bonus harian di Keluaran SGP 2020 – 2021.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sarapan salah satu etiket baik yang tak boleh terlewatkan. Menu sarapan yang paling positif adalah telur ayam kampung separuh matang.

Telur kampung mengandung nutrisi dengan lengkap. Diantaranya energi, protein, lemak, serta karbohidrat. Selain itu telur kampung juga punya omega 3 dan vitamin E yang jauh lebih banyak dibandingkan telur mandung ras.  

Telur kampung juga lebih aman jika dimasak setengah matang. Dikutip dari kompas. com, telur ayam kampung punya daya tahan terhadap bakteri yang lebih molek dibanding dengan telur ayam suku bangsa.  

“Ayam kampung itu disertasi aku. Saya membuktikan bahwa ayam daerah itu tahan terhadap salmonela karena dia secara genetik mempunyai ketahanan, ” kata Prof. Dr. Ir. Niken Ulupi, MS., dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan IPB.

Lalu bagaimana cara membuat telur ayam kampung separuh matang? Terdengarnya mudah ya, namun jika tidak dapat memperkirakan masa yang tepat, telur akan sungguh-sungguh matang abau terlalu mentah.  

Berikut langkah membuat telur ayam zona setengah matang. Pastikan air cukup untuk merendam telur. Rebus minuman hingga mendidih. Lalu masukkan telur (suhu ruang, bukan telur yang baru keluar dari kulkas).  

Baur perlahan telur untuk memastikan seluruh bagian telur terkena panas. Idelanya merebus telur setengah matang cukup 3-4 menit saja (dihitung sesudah telur masuk dalam air mendidih).

Setelahnya dapat direndam dalam air es sebentar (jangan sampai telur menjadi benar-benar dingin), untuk menghentikan jalan pemasakan. Nah telur setengah sampai siap disajikan.

Sebaiknya telur ayam wilayah setengah matang dikonsumsi selagi melekat. Bisa ditambahkan merica bubuk, garam, banyak orang juga mencampurkan mentega, hmm…. sedap. Selamat mencoba. (*)