Jackpot hari ini Result SGP 2020 – 2021.

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Di tangan Yayuk Ratna,   owner   UMKM  D& D Handycraft   di   Probolinggo, limbah kulit jagung (klobot) disulap menjelma tempat tisu yang indah, menarik, dan tentunya bernilai ekonomi tinggi.

Proses pemasangan kain dan hiasan bunga daun di kerangka tempat tisu.

Dengan kerajinan tangan yang unik serta kreatif itu kini Yayuk mampu menghasilkan pendapatan dengan cukup lumayan. Pasalnya, ia menjual hasil kreasinya itu mulai dari Rp 70 ribu sampai Rp 200 ribu per buah.

Cita-cita membuat sampah kulit jagung menjadi tempat tisu, taat Yayuk, karena sering melihat keberadaan limbah ini dengan melimpah di Kota Probolinggo.

“Apalagi, saat saya lari ke salah satu  pasar  di Kota Probolinggo tahu banyak sekali limbah kulit jagung yang hanya dibuang begitu saja. Kalaupun bisa dimanfaatkan, cuma buat sasaran ternak, ” kata Yayuk.

Tempat tisu yang sudah dihias siap dijual.

Dari seringnya melihat limbah kulit jagung yang terbuang percuma, perempuan berusia 51 tahun ini lantas memutar otak bagaimana limbah itu bisa menjadi karya cantik dan menghasilkan pundi-pundi uang.

“Bermodalkan keterampilan dan tekad yang tinggi, muncul konsep untuk mebuat tempat tisu. Lantas, saya mengambil limbah kulit jagung dari penyalur salah satu pasar di Probolinggo, ” ujarnya.

Selanjutnya, kata Yayuk, limbah indra peraba jagung yang didapat berserakan dijemur sampai kering. Setelah kering, kemudian diwarnai sesuai selera dan setelah tersebut kembali dijemur lagi sampai kering.  

“Limbah kulit jagung yang sudah diwarnai menjadi bahan saya berkarya membuat tempat tisu berguna ekonomi tinggi. Untuk fakta lebih lanjut Galery  D& D Handycraft, bisa sampai ke Jalan Mastrip Membakar Kelapa Muda No 11, Kelurahan Jrebeng Wetan, Kedopok, Kota  Probolinggo. Atau telepon di nomor 082323688593, ” jelas Yayuk. (*)