Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Oyong adalah sayuran yang  juga disebut gambas. Sayuran ini termasuk sayuran sehat karena tinggi serat dan konon dapat menyandarkan berat badan.

Oleh sebab itu hidangan ini dirasa sangat cocok untuk siapapun yang ingin program diet. Dalam pengolahannya, oyong sering ditemui pada olahan tumbuhan bening.

Akan tetapi, tak sedikit saat ini yang menginovasinya dengan tumis. Goyang bukan merupakan masakan dengan baru-baru saja, melainkan telah dikenal sejak lama.

Bahkan konon, dengan ditumis serupa saat ini membuat bani kecil juga menyukai sayuran tersebut. Bentuk oyong atau gambas adalah lonjong, bertekstur, dan berwarna hijau.

Kesempatan ini akan dibagikan sedikit keterangan dalam membuat oyong telur. Bahan-bahan yang dibutuhkan jarang lain empat buah oyong atau gambas pilihan, mulia butir telur ayam, perut siung bawang putih dengan sudah digeprek, air & gula yang cukup. Begini langkah-langkah pembuatannya:  

satu. Kupas oyong yang hendak dimasak. Kemudian cuci hingga bersih, lalu dipotong-potong mendaftarkan selera masing-masing.

2. Panaskan minyak untuk menumis bawang putih sampai harum. Masukkan telur, kemudian untuk menghilangkan bau amisnya, tumis beserta bawang putih.  

3. Masukkan air secukupnya & oyong yang sudah dipotong-potong. Setelah dimasukkan, tambahkan gula dan garam secukupnya, awut-awutan masak hingga mendidih. Biar tidak terlallu lembek, oleh sebab itu jangan dimasak terlalu lama.  

4. Cicipi agaknya, jika sudah dirasa pas angkat dan sajikan.  

Itulah cara mengolah goyang atau sayuran gambas yang bisa dicoba sebagai acuan lain yang lebih menjadikan agar tetap rajin mengonsumsi sayuran. Selamat mencoba. (*)