Jackpot hari ini Result Sidney 2020 – 2021.

TIMESINDONESIA, MADIUN – Di usia dengan masih muda, Lavinsa Ngesti Purba sudah mengelola banyak bidang bisnis. Rani warga Jalan Mangkuprajan, Kelurahan Demangan, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur yang berusia 26 tahun ini mengurusi bisnis properti ataupun perumahan, beauty house, biro umrah dan Lr Studio.

Kepada TIMES Indonesia, Lavinsa menuturkan sejak sekolah telah memiliki naluri bisnis, yakni kerap berjualan. Menempuh pendidikan tinggi pun, banyak juga sembari mencari kemahiran dunia entrepeneurship, hingga saat tersebut sudah merampungkan S2 administrasi usaha.

“Sudah sejak kuliah sering jualan, barang apa saja yang berpotensi dapat menghasilkan saya jalani, termasuk jualan pecel juga dulu. Pokoknya jangan aib kerja apa saja yang penting halal. Kan terkadang banyak anak muda yang malu kerja seadanya, ” ujar Lavinsa, CEO Best International Madiun.

Menurut Lavinsa, mengurus cara sebanyak itu dibutuhkan inovasi dan kreativitas tinggi dibarengi seni kepemimpinan yang tepat.

“Tapi di tiap bagian usaha kami, sudah ada manager yang kontrol. Jadi jika tersedia yang kurang bisa langsung sharing supaya usahanya tetap stabil, ” jelasnya.

Menurutnya ada beberapa karakter dengan harus dimiliki pengusaha muda. Yaitu, inovasi yang tinggi, berani mengambil risiko, memiliki sifat proaktif, harus bisa mencari solusi dan selalu belajar di kala bisnis cukup naik maupun turun.

“Jadi harus ifah menyerah dan mau belajar, tetapi yang paling penting mendapat ridha dari orang tua, dan kalau sudah punya suami, minta ridha pula sama suami, ” ujar Lavinsa.

Jika suatu usaha menghadapi kendala, pengusaha harus bisa menganalisa di mana letak masalahnya. Lavinsa mencontohkan cara miliknya yakni beauty house. Ada kalanya sepi dan ramai. Kalau sepi, dirinya menganalisa apa penyebabnya dan mencari solusi yang tepat.

“Kalau sudah ditemukan penyebabnya persaingan rekan misalnya, kita wajib tahu yang ada di kompetitor itu apa dan kemudian berinovasi serta kaya, itu yang penting, ” rata Lavinsa Ngesti Purba. (*)