Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Siapa tak suka donat? Hmm, dekat semua orang suka ya. Rasa manis dan aneka topping donat selalu menggoda.

Sebenarnya bagaimana sih asal donat?  

Dikutip dari berbagai sumber, donat awal mulanya dibuat sebab warga Belanda pada pertengahan kurun ke- 19. Awalnya makanan empuk ini disebit olykoeks atau oil cake ayng artinya kue minyak.

Itu karena roti ini digoreng menggunakan dalam lemak babi hingga berwarna kecokelatan. Donat awalnya juga tak punya lubang di tengahnya. Bentuknya sederhana, cuma bulat saja.  

Lantas kenapa bisa populer di Amerika? Masa tersebut banyak imigran Belanda yang bermukim di Amerika. Lantas mereka membuat olykoesks yang sama.  

Lalu ada seorang Kapten kapal di Amerika yang melubangi bagiatn tengah olykoeks . Tujuannya agar tingkat kematangan olykoeks merata.  

Lambat laun nama olykoeks pun berubah menjadi ‘ doughnut ‘. Nama tersebut berasal dari Bahasa Inggris yaitu dough knots , yang berati simpul adonan. Kira-kira sumber menyebut kata doughnut bermula dari isian kacang pada roti tersebut.  

Dari situlah donat makin populer keseluruh dunia, bahkan hingga saat ini. Banyak gerai franchise yang menjual donat dengan berbagai macam isian dan topping lezat. (*)